Menu dan IKON ms office dan fungsinya

A. Fungsi icon-icon yang terdapat dalam microsoft word

1) Menu control window : untuk menutup, mengembalikan, memindahkan, mengukur, membesarkan dan mengecilkan jendela

2) Menu bar : baris yang berisi menu-menu perintah

3) Toolbar : baris yang berisi kumpulan gambar/simbol yang mewakili suatu perintah dalam menu

4) Statusbar : untuk menampilkan formasi tentang nomor halaman dokumen,posisi kursor,modus pengetikan dan keterangan singkat mengenai fungsi waktu

5) Titlebar : berisikan nama program aplikasi dan nama file yang sedang aktif. Baris judul ini digunakan untuk memindahkan jendela ke posisi lain yang dinginkan(digeser dengan mouse)

6) Icon maximize : untuk memperbesar jendela hingga satu layar penuh/mengembalikan jendela ke ukuran sebelumnya.

7) Icon minimize : untuk memperkecil jendela hingga membentuk icon aktif pada taskbar

8) Scroll bar : untuk menggulung jendela dokumen pada lembar kerja kekanan/kekiri dan keatas/ke bawah

9) Workspace area : daerah yang digunakan untuk melakukan pengetikan dokumen.

G. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab Home

1. Paste - Untuk menempelkan tulisan atau gambar yang telah kalian salin di sumber lain

2. Cut - Untuk memotong tulisan atau gambar yang kalian seleksi di dalam dokumen

3. Copy - Untuk menyalin tulisan atau gambar didalam dokumen word

4. Font Style - Untuk memilih atau merubah jenis tulisan yang kalian inginkan

5. Bold (B) - Untuk membuat tulisan menjadi tebal

6. Italic (I) - Untuk membuat tulisan menjadi miring

7. Underline (U) - Untuk membuat tulisan bergaris bawah

8. abc - Untuk membuat tulisan coret

9. Superscript dan Subscripot X2  -  Untuk membuat pangkat pada tulisan seperti kuadrat, meter persegi, Kubik Dll.

10. Font Size - Untuk merubah ukuran tulisan

11. A Style - Untuk membuat style atau gaya pada tulisan

12. Highlight Text (ab) - Untuk memblok warna kata atau kalimat didalam dokumen

13. Font Color (A) - Untuk merubah warna huruf atau tulisan di dalam dokumen

14. Align Lef t- Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kiri

15. Align Center - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata tengah

16. Align Right - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kanan

17. Align Justify - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi seimbang kanan dan kiri

18. Shading Color - Untuk merubah warna blok pada tulisan dokumen (background color).

19. Icon Tabel - Untuk membuat tabel secara manual

20. Bullets - Untuk membuat icon kecil disamping tulisan

21. Numbering - Untuk membuat nomor disamping tulisan

22. Multilevel List - Untuk membuat kombinasi list antara bullets dan numbering

23. Increase dan Decrease - Untuk menambahkan dan mengurangi lebar paragraf

24. Sort - Untuk menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad atau juga berdasarkan angka.

H. Pembagian dan Fungsi Menu Pada Tab Insert

1. Cover Page - Untuk membuat cover halaman pada dokumen

2. Blank Page - Untuk menambah halaman baru pada dokumen yang sedang dikerjakan

3. Page Break - Untuk memisahkan halaman sebelum dan sesudahnya, seperti ketika kalian akan membuat dua mode kertas yang berbeda didalam satu dokumen, contohnya bisa kalian lihat di.

4. Table - Untuk menambahkan sebuah tabel di dalam dokumen

5. Picture - Untuk menambahkan gambar dari galeri komputer

6. Clip Art - Untuk menambahkan gambar kecil seperti icon bawaan dari word 2010

7. Shapes - Untuk menambahkan bentuk shapes seperti tabung, segitiga, kubus dll.

8. SmartArt - Untuk membuat smartart seperti diagram batang, circle proses dll.

9. Chart - Untuk menambahkan diagram chart seperti diagram alur lalu lintas

10. Screenshot - Untuk memasukkan hasil screenshot atau tangkapan layar di komputer secara cepat

11. Hyperlink - Untuk memasukkan link alamat website kedalam teks

12. Bookmark - Untuk menyimpan bagian dari dokumen yang kalian anggap penting

13. Header - Untuk menambahkan objek yang menjadi ciri khas dari dokumen kalian atau juga bisa dikatakan sebagai hak cipta kalian

14. Footer - Sama seperti header, namun letaknya berada dibawah dokumen
 
15. Page Number - Untuk membuat nomor halaman pada dokumen

16. Text Box - Untuk membuat tek didalam kotak

17. Wordart - Untuk membuat tulisan dengan gaya-gaya yang unik

18. Drop Cap - Untuk membuat tulisan seperti bentuk koran, dimana huruf pertama didalam dokumen akan tampak menjadi besar

19. Equation - Untuk menambahkan simbol matematika  didalam dokumen

20. Symbol - Sama dengan fungsi Equation

B. Fungsi icon-icon yang terdapat dalam microsoft excel

Ada banyak sekali menu - menu yang ada pada Microsoft Excel 2007. Berikut gambaran umum bagian - bagian menu dan icon pada Microsoft Excel sebelum kita masuk pada pembahasan yang lebih detail lagi.

Seperti pada Microsoft Word dan juga melihat tampilan yang sama pada Microsoft Excel ini. Disana ada Quick Acces Menu, ada Ribbon, ada Office Buton dan lain sebagainya yang akan kita bahas secara detail sekarang. Dimulai dari yang pertama :

1. Quick Acces Menu
Sesuai dengan namanya, Quick Access Menu berisi ikon - ikon yang bisa kita akses secara langsung, hanya dengan satu langkah. Contonya save, open file, new document, print dan lain sebagainya sesuai dengan kemauan kita. Ikon - ikon yang ada pada menu cepat ini bisa kita tambah dan hilangkah.

2. Tab Menu
Selanjutnya "Tab Menu" yaitu beberapa menu induk yang membawahi banyak mnu yang nanti kita sebut dengan Ribbon menu. Di Tab Menu ini kita bisa melihat ada pengaturan layout, data, insert dan sebagainya. Berikut pembahasan fungsi icon Tab Menu pada microsoft excel 2007 beserta gambarnya.

2.1 Home

Terdapat setidaknya tujuh kelompok menu turunan yang ada pada Tab Menu "Home". Mari kita bahas satu persatu dengan pembahasan dan penjelasan yang cukup singkat.

1. Clipboard
Seperti yang ada pada Microsoft Word, pada Excel juga terdapat  Clipboard yang berfungsi untuk mengcopy, Cut, dan paste. Fungsi ini juga bisa anda munculkan pada Acces menu untuk kemudahan penggunaan.

2. Font
Sesuai dengan nama kelompok menu "Font" berisikan ikon - ikon yang berfungsi untuk pengaruran pada Font atau tulisan. Mengatur jenis huruf, ukuran (size), karakter (Bold. Italic, Underline) hingga mengatur warna huruf.

3. Alignment
Ternyata di sini juga kita dapati menu "Alignment" yang berisi ikon - ikon pengaturan alignment text seperti rata kanan, rata tengah, text atas, tengah dan bawah. Kemudian ada juga menu merge & center untuk menggabungkan dua "cel" di Microsoft Excel.

4. Number
Pada menu ini terdapat beberapa ikon gambar yang berfungsi berhubungan dengan pengaturan number yang ada pada microsoft exce seperti merubah angka menjadi text (huruf), prosestase dan lain sebagainya.

5. Style
Berisi beberapa ikon menu yang berhubungan dengan style seperti format tabel, Cell style dan kondisional format.

6. Cells
Menu Cells ini berisi beberapa menu untuk mengatur Cell pada lembar kerja Microsoft Excel yaitu Format Cells, Delet dan juga menambahkan Cells.

7. Editing
Pada kelompok menu Editing ini berisi menu Edit seperti filter dan Sortir dimana kita bisa memfilter dan mensortir isi dari kolom pada cell di Microsoft Excel. Selain itu juga terdapat Auto Sum dimana kita bisa langsung menjumlahkan beberapa Cell dengan hanya mengeklik menu Auto Sum.

Nah, itu tadi deretan menu - menu atau ikon yang ada pada Tab Menu "Home". Kita lanjutkan pembahsan fungsi icon-icon pada microsoft excel 2007 beserta gambarnya dengan menu Tab "Insert".

2.2 Insert

Masih di Tab Menu, berlanjut dari menu Home ke menu sebelahnya yaitu 'Insert", sesuai dengan namanya, menu ini berfungsi untuk input atau inport atau juga dapat dikatakan untuk membuat berbagai macam komponen seperti tabel, memasukan gambar, chart dan lain sebagainya. Berikut fungsi menu bar pada microsoft excel 2007 pada Tab Menu insert.

1. Table
Pada kelompok menu ini terdapat dua ikon tabel dan pivot table. Dua menu tersebut berfungsi untuk pengaturan pada tabel di Excel

2. Ilustrations
Seperti pada Microsoft Word di Excel kita juga bisa menambahkan Picture, Clip Art, Shapes dengan menu insert Illustrations.

2.3 Page Layout

Selanjutnya adalah tab menu Page Layout. Terdapat berbagai menu - menu yang ada pada Page Layout ini diantaranya pengaturan pada ukuran kertas, margin, print area kemudian thema dan banyak lagi. Berikut rinciannya :

1. Themes
Tentu saja menu ini berfungsi untuk mengatur Tema. Bukan hanya tampilan melainkan banyak pengaturan - pengaturan lainnya. Coba saja anda pilih salah satu dari themes yang ada. Anda akan tahu dimana perubahannya.

2. Page Setup
Kebanyakan orang mengetahui menu ini. Page Setup berisi menu - menu yang berfungsi untuk mengatur kertas kerja seperti ukuran kertas atau jenis kertas, margin penulisan dan juga orientasi (landscape / Portrait).

3. Scale to Fit
Menu tersebut berfungsi untuk mengatur scala pada cell, yaitu mengatur lebar kolom dan tinggi kolom ketika terdapat tulisan di dalamnya. Lebar akan disesuaikan dengan tulisan secara otomatis atau bisa diatur dengan cara manual.

4. Arrange

2.4 Formula

Masih dalam bahasan Tab Menu pada fungsi menu dan ikon pada Microsoft Excel 2007. Kali ini Formula, berisi banyak sekali ikon - ikon yang hampir semuanya berkaitan dengan Formula atau rumus - rumus. Disana kita bisa melihat ada menu "Function Library" dimana kita bisa mencari fungsi perhitungan yang kita lupa atau bisa kita masukkan secara langsung dari menu tersebut. Dan beberapa menu lainnya yang berfungsi untuk pengaturan dan penyusunan formula.

2.5 Review

Pada menu Review anda bisa melakukan pengecekan terhadap Speling, kemudian menambahkan komentar dan juga anda bisa melakukan proteksi pada Workbook.

2.6 View

Pada Tab menu "View" ada berbagai macam pengaturan diantaranya untuk mengatur View atau tampilan lembar kerja, menampilkan atau menyembunyikan beberapa menu - menu seperti ruler, formula bar dan sebagainya. Pada menu ini juga ada Freeze dimana anda bisa memotong salah satu kolom untuk tetap ditampilkan ketika lembar kerja digeser. Dan masih banyak pengaturan lainnya yang ada pada menu ini.

Ada yang ketinggalan ternyata. "Office Buton" yaitu sebuah tombol berlogo Microsoft Office Excel yang berada pada pojok sebelah kiri atas. Dari sini kita bisa mengakses berbagai menu standar seperti Save, open dokumen, lembar kerja baru juga perintah printing.

4. Scroll Bar

c. Fungsi icon-icon yang terdapat dalam power point

1. Fungsi-fungsi Menu tab Home pada Power point

Menu home ini berisi beberapa menu penting untuk anda gunakan dalam pembuatan sile power point seperti :

1. Copy : untuk mengcopy atau menggandakan sebuah objek atau text

2. Cut : berfungsi sebagai memotong sebuah objek/text, kedua-duanya baik copy maupun paste akan bisa di terapkan dengan fungsi "Paste" tepat di samping kanan menu copy/cut seperti yang terlihat pada gambar di atas.

3. Painter : berfungsi untuk mengkopi warna yang terpilih yang bisa di terapkan pada objek lainnya dengan cara mengeklik dua kali pada objek yang akan di beri warna tersebut.

4. New Slide: untuk membuat Slid baru.

5. Lay out: untuk mengatur lebar halaman.

6. Reset: untuk mengembalikan pengaturan layout.

7. dan yang lain hampir sama dengan menu yang ada di dalam program microsoft office word, seperti Shapes, arrange, Quick style, Shape fill, shape out line, shape effect, find, Replace, select dan lain sebagainya.

2. Fungsi-fungsi Menu tab INSERT pada Power point

1. Tabel : Untuk memasukkan sebuah tabel

2. Picture : untuk memasukkan sebuah gambar

3. Clip art : untuk memasukkan art/gambar yang telah tersedia di program tersebut

4. Photo album : unuk memasukkan sebuah album photo

5. Shapes : untuk membuat shape, bentuk-bentuk objek yang bisa di masuki text

6. Chart : untuk membuat diagram

7. Hyper link : untuk memasukkan sebuah link, jika anda mempunyai sebuah blog bisa anda masukkan linknya

8. Action : Untuk membuat action dengan mouse agar bisa cepat memilih slide yang di maksud

9. Text box : untuk membuat kotak yang bisa diisi dengan text

10. Header : & footer : untuk mengatur margin atas bawah

11. Word art : untuk membuat sebuah tulisan yang bisa di modifikasi secara otomatis, sesuai selera

12. Date & time : untuk memberi waktu tanggal

13. Slide number : untuk memberi nomor halaman slide

14. Simbol : untuk memberi simbol-simbol matematika

15. Objek : untuk memasukkan sebuah objek

16. Movie : untuk memasukkan sebuah vidio

17. Sound : untuk memasukkan sebuah suara/audio

3. Fungsi-fungsi Menu tab DESIGN pada power point

1. Page set up : untuk megatur lebar halaman slide

2. Slide Orientation : untuk memilih tampilan halaman slide, Potrait or landskip, dan anda bisa memilih thema yang ingin anda terapkan seperti pada lambang-lambang Aa pada gambar di atas.

3. Colours: untuk mengatur warna slide

4. Font : untuk mengatur jenis font

5. Effect : untuk mengatur effec-effek warna

6. Background style : untuk memilih model-model beground

4. Fungsi-fungsi Menu tab Animations pada power point

1. Preview : untuk melihat hasil sementara

2. Animate : untuk memilih model animasi

3. Custome animation : untuk memilih model animasi lebih lanjut, dan ana bida memilih salah satu tepat di samping kanannya model-model animasi/pergerakan slide yang anda inginkan Transition sound : yaitu untuk memilih model suara saat slid di putar

4. Transition speed : untuk memilih kecepatan

5. Apli to all : menerapkan semua pengaturan ke semua slides

6. Advance slide : jika anda memilih "On mouse Clik" maka slide akan bergerak jika di klik terlebih dahulu, dan jika anda memilih "Automatically after" maka tanpa anda klik mouse terlebih dahulu sudah bergerak sesuai waktu yang anda isikan.

5. Fungsi-fungsi Menu tab SLIDE SHOW pada power point

1. From begining, untuk melihat tampilan dari awal

2. Frome current slide : untuk melihat tampilan yang sedang aktif

3. Custome slide show : untuk mengatur lebih lanjut slide

4. Set up : untuk mengatur

5. Hide : untuk menyembunyikan slide

6. Record narration : untuk merekan narasi

7. Rehearse Timming : untuk melihat waktu

8. Us rehearse timming : jika anda ingin berlatih waktu

9. Resolution : untuk mengatur sesolusi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, kelebihan, kekurangan, penemu, waktu dirilis Baidu

Pengertian, kelebihan, kekurangan, penemu, waktu dirilis Vivaldi Browser